» » Biografi Muhammad ‘Ajaj al-Khatib


Prof. Dr. Muhammad ‘Ajaj Al-Khatib. Dia adalah seorang serjana dan pemikir Islam ternama khususnya dalam bidang ilmu hadis. ‘Ajaj al-Khatib dilahirkan di Damaskus pada tahun 1932. Ketika ‘Ajaj al-Khatib berusia 7 tahun  ayahnya meninggal. ‘Ajaj belajar di sekolah-sekolah di Damaskus, dan juga sering menghadiri lokakarya ilmu di masjid Umayyah. Setelah beberapa tahun mengikuti lokakarya di berbagai mesjid di kota Damaskus, ‘Ajaj al-Khatib melanjutkan pendidikannya di ... , dan lulus pada tahun 1951/1952, dan pada tahun yang sama dia di angkat menjadi guru private. Dimana sisiwa belajar di rumah guru.
Setelah beberapa tahun menjadi staf pengajar, ‘Ajaj al-Khatib diutuskan dari Departemen Pendidikan untuk melanjutkan studinya di Fakultas Hukum di Universitas Damaskus idikan untuk melanjutkan studinya di Fakultas Hukum di Universitas Damaskus Year (1958-1959, ‘Ajaj lulus sebagai lulusan pertama di Fakultas Hukum. Pada tahun 1960 ‘Ajaj al-Khatib di kirim lagi oleh Departemen Pendidikan Fakultas Ilmu di Universitas Kairo. Setelah tamat di Universitas Kairo ‘Ajaj melanjutkan lagi studinya di Pascasarjana dan meraih gelar masternya pada tahun 1962 dan pada tahun 1965 mendapat gelar Ph.D dalam Studi Islam Spesialisasi Ilmu Modren.
Pada awal tahun 1966 Muhammad ‘Ajaj al-Khatib kembali ke negara asalnya yaitu Damaskus, dimana dia di angkat menjadi instruktru di Dapartemen Ilmu Qur’an dan Sunnah di Fakultas Hukum di Universitas Damaskus sampai dengan tahun 1969. Selain aktif mengajar di Fakultas Hukum di Universitas Damaskus. Muhammad ‘Ajaj al-Khatib juga menjadi staf pengajar d Universitas ternama lain di Timur Tengah, diantaranya:
1.      College of Syariah di Riyadh (1970 -1973 M)
2.      Sekolah Tinggi Syariah dan Fakultas Pendidikan dan Fakultas Seni di Universitas Damaskus sampai tahun lalu 1980.
3.      Umm Al Qura University di Mekah.
4.      Universitas Uni Emirat Arab pada tahun akademik 1980 -1981 M. Dan tetap menjadi seorang Profesor Ilmu Modren dan Studi Islam di sana sampai dengan tahun 1997.
5.      University of Sharjah , dekan College of Studi Islam Syariah dari tahun 1997 sampai dengaan tahun 2000 M.

6.      Universitas Ajman sampai 31/08/2003 M. Beliau di kontrak dengan jangka dua tahun dan masih bisa diprpanjangkan jika dia mau.

About Kutaradjablog.spot

Ucapan terimakasih Admin ucapkan kepada para pengunjung yang telah setia berkunjung ke blog ini sampai hari ini. Walaupun tidak semuanya merupakan pengunjung setia ( kebanyakan pendatang baru ) tetap saja Admin merasa bahagia dengan jumlah pageview dan unique visitor yang hadir di blog Ini
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply